PERBEDAAN ESTETIKA,CANTIK,INDAH DAN PESONA


VENUSTAS ARSITEKTUR
I. PESONA.
Pengertian kata “pesona” diantaranya:
-kamus bahasa Indonesia : menarik perhatian; sangat terpikat (tergiur) hatinya; terkagum-kagum: ex: saya ~ oleh pemandangan seindah itu.
-Menurut Arif Junaidi : Pesona adalah sesuatu yang bisa membuat seseorang menjadi kagum akan obyek tertentu,biasanya disebabkan oleh factor yang keluar dari dalam obyek itu sendiri.
Contoh obyek :
1. Grand lisboa dome di shanghai Cina

Alasan memilih obyek ini ,karena siapapun yang melihat kemegahan bangunan ini mereka akan merasa tertarik dan kagum,daya tariknya itu sendiri berasal dari unsur dalam bangunan sehingga dapat dikatakan orang yang melihatnya akan terpesona.

2. DNA manusia

Alasan memilih obyek ini ,karena siapapun yang melihat kerumitan obyek ini mereka akan merasa tertarik dan kagum,daya tariknya itu sendiri berasal dari unsur dalam obyek ini sendiri yaitu rumit,kecil namun sangat mempengaruhi kehidupan manusia, sehingga dapat dikatakan orang yang melihatnya akan terpesona.

II.ESTETIKA
Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste. Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan. Teorikus Seni dan Desain dewasa ini cenderung untuk menggunakan istilah estetika sebagai suatu kegiatan pengamatan yang tidak terpisah dari pengalaman Seni dan Desain. Kemudian estilah estetika berkembang menjadi keindahan, yaitu usaha untuk mendapatkan suatu pengertian yang umum tentang karya yang indah, penilaian kita terhadapnya dan motif yang mebdasari tindakan yang menciptakannya.
Istilah Estetika dipopulerkan oleh Alexander Gottlieb Baumgarten (1714 – 1762) melalui beberapa uraian yang berkembang menjadi ilmu tentang keindahan.(Encarta Encyclopedia 2001, 1999)
Baumgarten menggunakan instilah estetika untuk membedakan antara pengetahuan intelektual dan pengetahuan indrawi. Dengan melihat bahwa istilah estetika baru muncul pada abad 18, maka pemahaman tentang keindahan sendiri harus dibedakan dengan pengertian estetik.

Pengertian kata “estetika” diantaranya:

-Estetik adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.
-Estetika adalah kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah.
Dari pengertian ini, bila dipahami bahwa estetika adalah ilmu yang mempelajari kualitas estetik suatu benda atau karya dan daya impuls serta pengalaman estetik pencipta maupun penghayat terhadap benda atau karya.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa estetika adalah hal-hal yang mempelajari keindahan yang berasal dari obyek maupun keindahan yang berasal dari subyek (pengamatan / pencipta). Keindahan yang berasal dari subyek penciptanya berkaitan dengan proses kreatif dan fisolofisnya. Pengertian estetika terus berkembang sesuai dengan peradaban, konsepsi hidup manusia, keadaan dan jamannya, seperti pandangan estetik dari sudut ekomoni yang berkonsepsi kecil itu indah, efisien itu indah, murah itu indah, dan sebagainya. Apa alasan orang ingin mengenal estetika?. Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri.
Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain itu mesti dipelajari. Cara mempelajarinya: dari sudut pandang apakah kualitas-kualitas karya ini mencapai tujuan. Ketiga, mungkin dikira bahwa pengalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan pengujian dan penelitian mengenai kualitaskualitas karya seni dan desain itu. Estetika merupakan pengetahuan yang mempelajari dan memahami melalui pengamatan hal ikhwal keindahan baik pada obyek maupun subyek atau pencipta dan pengamatan melalui proses kreatis dan fisolofis. Keindahan bisa didapatkan dima-na saja, misalnya alam, benda seni dan desain. Dalam berkarya, desainer dalam menciptakan karya desain selalu memuaskan secara estetik (psikologi) dirinya dan orang lain (konsumen). Jadi karya yang diciptakan oleh desainer adalah karya yang memenuhi kebutuhan hidup manusia secara fisik dan psikologis (estetik).

Contoh obyek :
1. Burj dubai

Alasan memilih obyek ini: obyek atau bangunan ini di katakan estetik karena kualitas dan kuantitas pengaruh dari obyek, kepada pelihat atau penikmatnya sangat besar. Selain itu juga adanya impuls dari orang yang melihatnya.
2. Galaxy

Alasan memilih obyek ini: obyek ini di katakan estetik karena kualitas dan kuantitas pengaruh dari obyek, kepada pelihat atau penikmatnya sangat besarhal ini disebabkan dari bentuk dan warnanya yang menarik.
III. INDAH

Pengertian kata “indah” diantaranya :
-Menurut Sudjonodiningrat,Indah adalah suatu keadaan dimana suatu obyek tertentu enak di pandang sehingga bisa membuat pelihat atau penikmatnya memiliki sikap tertarik bahkan kagum.biasanya memberikan kesan kenyamanan.
– Menurut Plato, indah adalah suatu benda yang mengandung unsur proporsi dan komposisi yang terkandung didalamnya.
– Menurut Pulchritrudo,indah adalah ‘harmoni dari semua bagian, dalam bentuk apapun, dipasangkan bersama dalam proporsi dan hubungan yang tepat, sehingga tidak ada lagi yang dapat ditambahkan, dikurangi atau dirubah, selain untuk bertambah buruk’,

Contoh obyek:

3. Burj al-arab

Alasan memilih obyek ini: bisa memberika rasa kagum kepada pelihatnya.selain itu juga memberikan kesan nyaman,mungkin karena letak bangunan di tepi pantai.(sesuai pengertian sudjonodiningrat).

4. Keadaan alam pada hutan

Alasan memilih obyek ini: bisa memberika rasa tertarik kepada pelihatnya,mungkin lebih ditekankan pada rasa kenyamanan.

IV. ELOK

Pengertian kata “elok “ diantaranya:

-Elok adalah kondisi sebaik-baiknya sesuatu yang bisa menarik orang yang melihatnya.
-Kamus besar bahasa Indonesia, elok: keindahan yang dimiliki suatu benda; bisa menarik pelihatnya;keelokan.

Contoh obyek:

Alasan memilih obyek ini adalah karena obyeknya rumah tinggal,rumah tinggal mempunyai kondisi terbaik pada saat tertentu

Alasan memilih obyek ini adalah karena obyeknya adalah bunga,bunga akan menampilkan kondisi terbaiknya pada saat tertentu.

V. CANTIK
Pengertian Cantik diantaranya:
-menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah indah,elok dan rupawan Cantik itu memang relatif. Definisi kecantikan selalu berubah menurut waktu dan tempat,sesuai penenmpatanya.

Contoh obyek:
Rumah kubik

Alasan memilih obyek ini: : bangunan ini bisa memberikan daya tarik terhadap orang yang melihatnya,namun pada kondisi tertentu sesuai waktu dan penempatanya.
Wanita

Alasan memilih obyek ini: wanita bisa memberikan daya tarik terhadap orang yang melihatnya,namun pada kondisi tertentu sesuai penempatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s